Sabtu, 28 Januari 2012

Masalah Pertanahan Ukuran Keberhasilan Pemerintahan



13 Jan 2012

JARKOMSU - JARKOMSU
Medan(Suara Komunitas.Net) -Anggota DPD RI DR. H. Rahmat Shah menegaskan, DPD RI memahami kesulitan dan penderitaan yang dirasakan masyarakat akibat kebijaksanaan pertanahan yang tidak pro rakyat dan dimanfaatkan sebahagian oknum dan segelintir pemegang kekuasaan untuk mencari kekayaan di atas penderitaan rakyat.Oleh karena itu, DPD RI mendukung penuh upaya Reformasi Agraria yang seharusnya mencakup kepada reformasi peraturan dan perundangan, reformasi kelembagaan serta reformasi mental dan moral para pejabat penyelenggara negara dan pemegang amanah rakyat. 
Sikap DPD RI ini dinyatakan Rahmat Shah ketika memimpin kelompok anggota DPD RI dari Provinsi Riau, Lampung, NTT dan Papua, saat menerima perwakilan dari Sekretariat Bersama Pemulihan Hak-hak Rakyat Indonesia, sebuah aliansi dari kurang lebih 100 organisasi Petani, Buruh, Masyarakat Adat, Perempuan, Pemuda-Mahasiswa, Perangkat Pemerintahan Desa dan NGO se-Indonesia. Pertemuan DPD RI dengan perwakilan Sekretariat Bersama ini berlangsung di Gedung DPD RI, Senayan, Jakarta (12/01). Dalam kesempatan tersebut, Rahmat Shah merupakan pihak yang pertama kali menandatangani dukungan Lembaga Perwakilan Daerah untuk tujuan-tujuan yang diharapkan masyarakat.
Rahmat Shah juga mengingatkan, sorotan luar negeri atas keberhasilan suatu negara adalah keberhasilan pemerintah negara menyelesaikan dan mengelola permasalahan-permasalahan pertanahan yang ada.“Ini berarti, bukan di negara lain tidak ada permasalahan pertanahan. Hanya saja, kasus dan masalah pertanahan di negara lain, umumnya dapat diselesaikan secara tuntas dalam waktu yang tidak begitu lama, bahkan dalam hitungan minggu,”tandasnya. Dalam hal ini Rahmat mencontohkan lambat dan berlarut-larutnya penyelesaian pengembalian hak  rakyat atas tanah dalam kasus tanah eks HGU PTPN II yang telah berlangsung sejak tahun 2002 hingga sekarang. (vndey lubis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar